25 - 5 Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mengatasinya

Tidak semua orang tahu penyebab gusi bengkak meskipun mereka pernah mengalaminya. Yang ada dalam benak seseorang saat mengalaminya adalah bagaimana cara mengatasi gusi bengkak tersebut. Padahal, mengetahui penyebab terjadinya gusi bengkak akan membuat seseorang lebih paham cara mencegah gangguan gusi bengkak. Tidak hanya itu, dengan mengetahui faktor yang menyebabkan gusi bengkak, maka seseorang akan tahu bagaimana cara merawat gigi supaya sehat dan gusi tidak bengkak lagi. Nah, penasaran dengan penyebab dari gusi bengkak? Berikut rangkuman penyebab terjadinya bengkak pada gusi Anda.

Penyebab Gusi Bengkak

Inilah 5 penyebab gusi bengkak dan cara mengatasinya

Pertama, radang gusi

Radang gusi atau gingivitis merupakan salah satu penyebab tersering dari gusi bengkak. Pada gingivitis, gusi mengalami iritasi dan kemudian bengkak. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka mengalami gingivitis karena gejalanya yang sangat ringan. Namun, jika radang gusi ini dibiarkan terus menerus akan menyebabkan hilangnya gigi. Jika Anda ingin terhindar dari penyakit radang gusi ini, jagalah kebersihan gigi dan mulut dengan baik, sebab mulut yang tidak bersih dapat menimbulkan plak pada perbatasan gusi dan gigi, yang kemudian akan dapat menimbulkan radang.

Kedua, kehamilan

Dalam beberapa kasus ditemukan bahwa seorang perempuan yang sedang hamil mengalami pembengkakan pada gusi. Hal ini karena pengaruh hormon pada orang hamil berbeda dengan orang biasanya. Perubahan hormonal akan berpengaruh pada kondisi tubuh dalam memerangi bakteri yang menjadi penyebab dari infeksi pada gusi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kehamilan juga bisa menjadi penyebab dari radang gusi atau gingivitis.

Ketiga, infeksi

Penyebab gusi bengkak lainnya adalah terjadinya infeksi pada daerah gigi dan mulut. Infeksi yang disebabkan oleh jamur dan virus berpotensi besar untuk menyebabkan bengkak pada gusi. Keadaan ini juga bisa menjadi penyebab dari herpes akut gingivostomatitis. Perkembangan jamur kandida yang berlebihan pada gigi dan mulut juga bisa menyebabkan gusi bengkak.

Keempat, mengalami malnutrisi

Malnutrisi atau kekurangan nutrisi untuk tubuh ternyata juga bisa menjadi penyebab terjadinya gusi bengkak. Misalnya, kekurangan vitamin B dan C. Hal ini karena vitamin C memiliki fungsi yang sangat banyak untuk memelihara dan memperbaiki kesehatan gusi dan gigi. Maka dari itu, jika Anda kekurangan vitamin C dan mengalami penyakit scurvy, Anda bisa mengalami anemia dan penyakit gusi, salah satunya gusi bengkak.

Kelima, leukemia

Leukemia atau kanker darah merupakan penyakit yang mematikan. Penyakit yang satu ini menyerang kekebalan tubuh manusia. Tidak heran jika seseorang yang terkena penyakit ini mudah sekali terserang infeksi jamur, bakteri, dan lainnya. Dan gusi adalah salah satu lokasi yang mungkin dihinggapi oleh infeksi jamur tersebut. Jika hal ini sudah terjadi, maka pembengkakan pada gusi pun tidak dapat dihindarkan lagi.

Demikian 5 penyebab gusi bengkak dan cara mengatasinya secara sederhana. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>