8 - Cara Memakai Behel Lepas Pasang dan Perawatannya

Cara Memakai Behel Lepas Pasang dan Perawatannya

Behel lepas pasang semakin tren di kalangan remaja tanah air, pasalnya behel sekarang sudah menjadi aksesoris untuk penampilan yang lebih trendy dan fashionable. Behel ini pun sudah dimodifikasi sedemikian sehingga memiliki warna-warna yang menarik dan cocok untuk bepergian dan bisa untuk bergaya. Namun demikian, pemasangan behel ini harus hati-hati atau jika tidak akan menimbulkan infeksi dan membahayakan kesehatan mulut dan gigi. Lalu, bagaimanakah cara memasang atau memakai behel jenis ini?

Behel Lepas Pasang

Behel Lepas Pasang: Pemakaian dan Perawatan

Inilah tahap memakai behel lepas pasang;

  1. Bengkokkanlah behel terlebih dahulu sesuai dengan ukuran mulut.
  2. Siapkan kaca untuk melihat rongga gigi di mana behel akan dikaitkan.
  3. Pastikan gigi bersih (atau sudah digosok) agar tidak ada noda yang terselip dan akan memperburuk penampilan Anda saat menggunakan behel ini.
  4. Ambil satu ujung behel dan selipkan pada gigi bagian belakang atau gigi kedua dari belakang yang berada tepat di bawah gusi.
  5. Jika sudah, tekan dan tariklah behel ke sisi yang berada di seberangnya (sisi satunya), tekan lagi hingga Anda merasa nyaman dengan pemasangan behel pada gigi Anda.
  6. Jika Anda merasa tidak nyaman dan behel terlalu panjang, Anda bisa memotongnya menggunakan tang atau alat potong kuku biasa. Tapi sebelumnya, pastikan dulu bahwa bagian ujungnya bengkok ke arah dalam.

Perhatian kesehatan

Pemilihan bahan untuk behel jenis ini juga perlu diperhatikan guna kesehatan gigi dan mulut. Behel lepas pasang yang baik menggunakan bahan kawat niti yang memang sudah teruji dalam bidang kedokteran baik untuk gigi dan mulut Anda. Bahan ini juga tidak mudah berkarat sehingga sangat aman berada di mulut Anda. Selain pemilihan bahan, Anda juga harus mengetahui bahwa behel ini merupakan aksesoris. Jadi, penggunaannya juga sebagai tampilan fashion saja. Sebaiknya dilepas saat hendak makan atau beraktivitas dengan jadwal yang padat. Tidak hanya itu, saat memakai behel ini Anda juga harus hati-hati karena ujung kawat dari behel ini sangat tajam dan dapat melukai gusi atau gigi Anda.

Perawatan behel

Merawat behel ini berarti merawat kesehatan gigi dan mulut Anda. Untuk itu, Anda perlu melakukannya secara rutin, caranya adalah dengan mencuci dengan air hangat saat tidak dikenakan. Anda juga harus memastikan bahwa air yang Anda gunakan tidak terlalu panas untuk behel. Sebab suhu yang terlalu tinggi dapat membuat behel melar dan tidak nyaman lagi saat dikenakan. Penggunaan air hangat ini memiliki tujuan untuk mengusir kuman yang bersarang pada behel tersebut.

Selanjutnya, setelah Anda cuci dengan air hangat, Anda perlu membilasnya dengan air dingin dan dikeringkan seperti biasa. Setelah benar-benar kering, Anda boleh menyimpang behel lepas pasang Anda pada box behel agar tidak terkontaminasi kuman yang berasal dari debu atau yang lainnya.

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>